Sabtu, Juli 02, 2011

Susu Kambing Kurus yang diperas Rasulullah

Ilustrasi
Umumnya hanya kambing yang gemuk saja yang bias mengeluarkan susu dan banyak susunya . sedangkan kambing yang kurus, sulit keluar susunya dengan lancar . Tetapi Rosulullah melakukan sesuatu yang ajaib sekali . Melakukan sesuatu yang menyalahi hukum hewani., karena ada seekor kambing yang kurus dan sakit sakitan sudah lama , tiba tiba di perah oleh Rosulullah. Sedang dari kambing itu air susu yang keluar sangat melimpah sekali . Seperti kisah berikut ini.
            Waktu itu Rosulullah dalam perjalanan hijrah .Beliau berpindah dari Kota Mekah ke Madinah . Di tengah tengah perjalanan beliau singgah di sebuah desa yang bernama Qodid untuk istirahat, karena telah menempuh perjalanan yang panjang. Sedang kan tempat yang dipakai untuk istirahat adalah rumah salah seorang penduduk yang bernama Ummu Ma’bad .
            Jarak antara Mekah dan Madina masih cukup jauh . Untuk itu , di perlukan banyak perbekalan bagi setiap orang yang hendak hijrah apalagi dari Mekah ke Madinah .
            Sementara itu perbekalan yang di bawa Rosulullah sudah sangat minim sekali .
            Dan Sewaktu tiba di desa Qodid perbekalan Rosulullah sudah habis , Sehingga beliau membelokan perjalanan kesebuah kemah milik keluarga yang tidak kaya .. Seeorang yang ada di kemah itu bernama Ummu Ma’bad. WAnita itu malayani para khalifah yang dalam perjalanan atau para musafir yang kehabisan perbekalan di tngah perjalanan . Disanalah Rosulullah singgah dengan maksud hendak membeli perbekalan untuk perjalanan lanjutnya.
            Namun ternyata semua persediaan yang biasa di sediakan oleh Ummu Ma’bad telah habis tanpa sisa . Tinggal seekor kambing kurus yang sakit sakitan dan tidak mengeluarkan air susu . Rosulullah meminta izin kepada Ummu Ma’bad untuk memerah air susu kambing tesebut .
            UmmuMa’bad menganggap permintaan Rosulullah itu sangat aneh sekali . Sebab , jika susu itu bias di perah tentu dalam waktu sebelumnya di perah lebih dahulu . Namun tak urung Ummu Ma’bad mengijinkannya . Ia melihat kesungguhan yang terpancar dari roman Rosulullah.
            UmmuMa’bad belum mengetahui bahwa tamu yang berkunjung ke kemahnya itu Rosullulah SAW. Maka ia pun memperhatikan tingkah laku Rosulullah . Ia melihat Rosulullah mengusap putting susu tersebut sambil menengadahkan tangan ke langit . Dan tidak begitu lama terjadilah suatu keajaiban yang benar benar luar biasa . Menurut pandangan Ummu Ma’bad karena kambingnya kurus dan sakit sakitan itu kenapa bisa mengeluarkan air susu dengan lancer dan melimpah sekali!
            Kemudian Ummu Ma’bad pun meminum air susu tersebut sepuasnya . Kemudian , Rosulullah , dan Abu Bakar juga meminum susu yang di bejana itu yang sudah penuh seketika . Bejana itu kemudian di tinggalkan di kemah Ummu Ma’bad sebagai bukti bahwa kambing kurusnya kini bisa mengeluarkan air susu segar dengan derasnya .
            Ketika suaminya pulang dari bepergian , sangat terkejut sekali melihat hal itu. Apalagi meluhat suasana kemah yang lain dari biasanya.
            Suaminya sangat penasaran melihat bejana yang penuh dengan air susu segar . Padahal sebelum suani Ummu Ma’bad pergi , kambing itu tidak setetes pun mengeluarkan air susunya . Karena ras heran yang tidak tertahan , maka ia bertanya kepada Ummu Ma’bad istrinya, “dari mana kamu dapat air susu ini ,istriku? Sedangkan , Ketika aku pergi , bejana itu dalam keadaan kosong?”
            “ Tadi ada seorang lelaki yang sangat baik lewat dan menghampiri tempat kita ini,”jawab Ummu Ma’bad menceritakan ciri ciri , tingkah laku dan apa saja yang di buat Rosulullah selama dalam kemahnya . Ia juga menceritakan ketika beliau memerah susu kambing mereka yang kering tiba tiba keluar air susu dengan deras sekali .
            Mendengar penuturan Ummu Ma’bad itu, suaminya sangat gembira dan berkata, “ Ya Ummu Ma’bad , dia adalah keluarga dari bangsa Quraisy yang di hormati dan di muliakan karena budi pekertinya terkenal sangat baik sekali. Dialah yang mendapat sebutan Al-amin utusan Allah.
            Betapa menyesalnya Ummu Ma’bad karena tidak mengetahui siapa sebenarnya tamu yang dating yang telah membuat mereka gembira . Lalu ia bersumpah ,”Bila aku melihat ia lagi , tentu aku akan beriman kepadanya dan akan senantiasa mengikuti jejaknya serta mendekati dia.”
            Sementara itu , Rosulullah SAW. Telah sampai8 di Madinah dengan selamat tanpa gangguan , tepat pada hari senin , tanggal 12 Robi’ul Awwal. Dan masyarakat Madinah menyambut beliau dan Abu Bakar dengan segala hormat dan cinta mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami sangat senang jika anda meninggalkan komentar di sini, mohon maaf tidak diperkenankan komentar sebagai Anonym. login terlebih dahulu menggunakan akun google anda sebelum memberikan komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Nama: Kodir Tempat, tanggal lahir: Cilacap, 20 Agustus 1978 Hobi:Membaca dan Blogging. Sekolah: SD Negeri Bantarmangu 04 SMP Negeri 1 Cimanggu SMK N 2 Purwokerto Universitas Pasundan, Bandung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jururan Pendidikan Matematika Tentangku: Saya hanyalah manusia yang lemah lagi penuh dosa, astagfirullah.... Seorang blogger pemula yang sedang belajar tentang dunia blogosphere. Saya itu orangnya pendiam, heleh pokoknya biasa saja. Yang penting saya adalah seorang Muslim. Makanan yang disukai: Sate madura, Bakso dan Gado-gado Wanita yang disukai: Hoho....Entah kenapa saya tertarik pada wanita yang senantiasa menjaga aurat atau memakai jilbab. Terutama yang jilbabnya lebar/jilbaber. Ingat jilbab, bukan kerudung lho.... Cita-cita: Alhamdulillah jadi guru sudah kesampaian, mudah-mudahan bisa menjadi guru yang profesional. Amin Motto: Semua penulis akan mati. Hanya karyanyalah yang akan abadi. Maka tulislah sesuatu yang membahagiakan dirimu di akhirat nanti. (Ali bin Abi Thalib)